Apa Itu Online Marketing?

Kamis, 21 Agustus 2008 at 21.29
Apa sebenarnya internet marketing itu? Utuk sebagian orang, istilah ini mungkin sudah familiar, tapi sebagian yang lain tidak menutup kemungkinan menjadi hal yang asing. Ya, disini akan kita review secara ringkas, padat tentang definisi dari internet marketing.

Internet marketing adalah sarana untuk memasarkan barang dengan menggunakan media internet. Atau lebih dikeal juga dengan istilah online marketing. Hal ini melihat dari kata yang digunakan, internet yang berarti international network, atau sebuah jaringan online. Sedangkan marketing sendiri adalah proses pemasaran produk dari produsen kepada konsumen. Pada hal ini tentunya online marketing berbeda dengan offline marketing.

Perbedaan antara online marketing dengan offline marketing secara mencolok akan terlihat dari aktifitas yang ada pada pemasaran itu sendiri. Sebaai contoh offline marketing:

"saya seorang pengusaha yang bergerak pada bidang obat obatan herbal sebagai supplier atau penyedia barang. Saya mempunyai sebuah toko dan beberapa karyawan. Cara memasarkan barang atau produk saya adalah dengan melewati brosur, majalah, radio, banner, Koran dll."

Sedangklan online marketing, yaitu apabila orang tersebut menggunakan media internet untuk memasarkan produknya lewat website, iklan baris, blog atau yang lainnya.

Ada beberaa jenis internet marketing yang bisa ditekuni oleh pelaku bisnis. Secara garis besar ada 3 macam internet marketing.

Selling Product.

Atau menjual produk sendiri. Yaitu mempunyai barang dan memasarkannya secara online. Adaataupun tidaknya toko bukan menjadi masalah dalam hal ini. Yang terpenting adanya barang atau produk yang siap untuk dipasarkan. Biasanya tampak seperti toko online. Disini anda akan memperoleh income yang maksimal untuk setiap penjulan produk, karena anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk biaya karyawan dan property yang lainnya.

Adsense

Yaitu sebuah usaha dengan membuat sebuah website untuk menampilkan iklan dari produk sendiri maupun produk orang lain. Contohnya, iklan baris, google adsense dll. Di sini sudah jelas bahwa para para pengiklan akan membayar anda untuk space di web atau blog anda

Afilliate Marketing

Yaitu menjualkan produk orang lain dengan cara mengiklankannya, atau reseller (Penjual ulang produk orang lain). Pada saati ini banyak sekali perusahaan atau toko online yang menyediakan link afiliasi atau reseller. Apabila terjadi penjualan atau transaksi oleh reseller, maka ia akan mendapat komisi dari penjualan.

Dan masih banyak lagi sebenarnya bisnis yang menggunakan media internet atau internet bisnis yang bisa ditekuni. Tapi bagaimana caranya? Bagaiman kita memulai? Mudahkah? Akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com | Distributed by Blogger Blog Templates |